Profesor Di Usia Muda

1. Firmanzah

Pria kelahiran Surabaya 7 Juli 1976 ini dinyatakan sebagai profesor di bidang manajemen strategi dari Universitas Indonesia7 Struktur Bumi Paling Luar Biasa. Read more ... » (UI) pada 1 Juni 2010 saat berusia 34 tahun, pengukuhannya dilakukan 18 Agustus 2010. Pada 2008 saat berusia 32 tahun Firmanzah juga mengukir prestasi sebagai dekan termuda sepanjang sejarah UI dan sebagai pegawai BHMN pertama yang menjabat posisi dekan. Dia terpilih sebagai dekan untuk periode 2009-2013. Pada pemilihan dekan FE UI 14 April 2008, Firmanzah berhasil mengungguli dua kandidat calon dekan lainnya, yaitu Prof Sidharta Utama PhD CFA dan Arindra A Zainal, PhD. Bahkan, sebelum masuk tiga besar kandidat, dia harus bersaing dengan beberapa calon yang ikut seleksi diantaranya Dr Ir Nining Indrayono Soesilo MA (kakak kandung mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani).

2. Alia Sabur

Wanita kelahiran Northport, New York 22 Februari 1989 ini meraih gelar profesor di bidang matematika saat berusia 18 tahun 362 hari. Pemegang sabuk hitam tae kwon do di usia 9 tahun ini menjadi profesor termuda di dunia10 Orang Ter Di Dunia. Read more ... », menumbangkan rekor Colin Maclaurin yang bertahan selama 293 tahun. Maclaurin meraih gelar profesor di usia 19 tahun pada 1717.

3. Colin Maclaurin

Pria kelahiran Kilmodan, Skotlandia, Februari 1698 ini adalah mahasiswa penemu teori gravitasi Sir Isaac Newton. Maclaurin meraih gelar profesor di bidang matematika saat mengikuti acara 10 hari kompetisi matematika di Marischal College, Universitas Aberdeen pada 1717 saat berusia usia 19 tahun. Dia memegang rekor sebagai profesor termuda selama 293 tahun hingga akhirnya dikalahkan Alia Sabur pada Maret 2008 yang meraih gelar profesor di usia 18 tahun 362 hari.

4. Tathagat Tulsi

Pria kelahiran Patna, India 9 September 1987 ini meraih gelar profesor di bidang fisika dari Indian Institute of Science pada Agustus 2009 saat berusia 21 tahun. Saat pengukuhan gelar profesor dia menyampaikan tesis berjudul “Generalizations of the Quantum Search Algorithm” sepanjang 33 halaman. Sejak itu dia dinobatkan sebagai profesor termuda di India dan menjadi anak berbakat di kampus terkenal sekelas Institut Teknologi India di Mumbai.

5. Nelson Tansu

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 20 Oktober 1977 ini adalah pakar nanoteknologi dan optoelektronika asal Indonesia7 Struktur Bumi Paling Luar Biasa. Read more ... » yang menjadi tenure-tracked Assistant Profesor di Universitas Lehigh, AS pada usia 25 tahun. Dia merupakan salah satu profesor termuda di bidang fisika yang diangkat di universitas papan atas di AS. Keahlian Tansu adalah dalam bidang fisika terapan (applied physics) terutama semikonduktor, nanoteknologi dan fotonika. Sejak Mei 2010, Tansu dipromosi menjadi Class of 1961 Chair Associate Professor (dengan tenure) di Universitas Lehigh.

6. Terence Chi-Shen Tao

Pria kelahiran Adelaide, Australia8 Tabrakan Terhebat Antara Benda Luar Angkasa Dan Bumi. Read more ... » 17 Juli 1975 ini meraih gelar profesor di bidang matematika dari University of California, Los Angeles (UCLA) pada usia 24 tahun. Dia menjadi profesor termuda di departemen matematika UCLA. Dia menyelesaikan gelar PhD di bawah bimbingan pakar matematika Elias Menachem Stein di Universitas Princeton pada 1996. Pada 2006 dia mendapat Fields Medal (penghargaan dari International Congress of the international Mathematical Union yang diberikan kepada pakar matematika di bawah 40 tahun).

Tags:

Category: People

Leave a Reply