7 Struktur Bumi Paling Luar Biasa

Danau Tiga Warna, Indonesia

danau tiga warna, indonesia

Gunung kelimutu berada di ketinggian 1690 meter dpl, di desa perno, kecamatan kelimutu, kabupaten ende flores, NTT. gunung ini memiliki 3 kawah berupa tiga danau dan tiga warna air berbeda. warna danau itu selalu berubah-ubah seiring pejalanan waktu. sudah terjadi 12x perubahan warna dalam 25 tahuh terakhir ini. perubahan warna tersebut dikarenakan pembiasan cahaya matahari, mikroorganisme biota air, zat kimiawi yang larut dalam air, serta pantulan warna dinding dan dsar danau

Pamukkale

pamukkale

Dalam bahasa turki, pamukkale berarti istana kapas. Dahulu, lokasi ini merupakan lokasi kota kuno Hierapolis. Pegunungan Pamukkale terdiri dari banyak lubang batu kapur berisi sumber air panas. Lubang ini mempunyai seperti kolam renang. Kolam ini mengandung air mineral yang hangat dan sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Warna putih dari kandungan kapur menciptakan pemandangan menakjubkan.

Geyser (Nevada, amerika serikat)

Geyser (Nevada, amerika serikat)

lokasi geyser ini terkesan berada di planet lain atau menjadi bagian dari sebuah film fiksi. Geyser ini terletak di sebuah lembah hualapai, nevada, amerika serikat di sebuah lahan milik pribadi. penemuannya berawal pada 1916 saat pemilik lahan sedang mencari sumber air. usaha mencari air berhasil, namun pengeboran yang dilakukan ternyata jugamenembus kantong geotermal. akhirnya terbentuk geyser seperti yang terlihat sampai sekarang.

Menara es gunung erebus (antartika)

Menara es gunung erebus (antartika)

gunung erebus merupakan salah satu gunung berapi aktif di dunia. Ketinggiannya mencapai 4000 meter dpl. gunung ini memiliki lava yang aktif dan terletak di kawah yang berada di puncak gunung. kepulan gas hasil kegiatan vulkanik ini menyembur tinggi dari celah dan retakan yang ada di lereng gunung yang kemudian membentuk jaringan gua es.

Gunung Roraima, Venezuela, brazil, Dan Guyana

Gunung Roraima, Venezuela, brazil, Dan Guyana

gunung roraima merupakan gunung batu yang berbentuk unik, seperti meja yang berada di atas awan. satu satunya cara untuk mencapai puncak gunung ini adalah dengan memanjat jalur tangga yang ada dan sudah disediakan pemerintah venezuela. Hujan nyaris turun setiap hari di tempat itu. akibatnya tanaman menjalar di atas atap. atap gunung itu menjadi unik karena bersih dari apapun.

Hutan Batu, China

Hutan Batu, China

Hutan batu memiliki sebutan shilin dalam bahasa cina. Sebenarnya ini terjadi karena batuan kapur mengalami erosi oleh angin dan air dan hasilnya adalah formasi yang mengagumkan. fenomena ini sudah dikenal sejak dinasti ming dan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia.

Lembah Bulan/Valley Of The Moon, Alaska, Amerika Serikat

Lembah Bulan atau Valley Of The Moon, Alaska, Amerika Serikat

wilayah ini dikenal juga dengan nama Ischigualasto. Artinya, tempat yang menyerupai bulan. Penampakannya yang unik terbentuk karena erosi angin. Bebatuan yang ada berbentuk bola dan tiang batu di seluruh lokasi.

Batu Karang Terbesar

batu karang terbesar

Karang Penghalang Besar (Bahasa Inggris: Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Gua Es Terbesar

gua es terbesar

Gua es Eisriesenwellt merupakan gua es yang terbesar di dunia. Gua ini terletak di Pegunungan Alpen, Austria. Panjangnya sekitar 40 km. Tingginya mencapai 1.641 meter. Gua ini memiliki langit_langit yang sangat indah dan menakjubkan. Eisriesenwellt ditemukan pada tahun 1880 oleh Anton Posselt, seorang ilmuan Salzburg.

Gua Kristal Terbesar

gua kristal terbesar

Gua Kristal Raksasa atau (Sepanyol: Cueva de los Cristales) adalah sebuah gua yang bersambung ke lombong Naica, 300 meter di bawah permukaan di Naica, Chihuahua, Mexico. Ruang utama berisi kristal Selenite raksasa, dan beberapa kristal alam terbesar yang pernah dijumpai. Kristal terbesar yang pernah dijumpai di gua ketika saat ini adalah sepanjang 12 m dengan diameter 4 m dan berat 55 tan. Gua kristal gergasi ini sangat panas dengan suhu udara mencapai 58 ° C (136 ° F) dengan kelembapan 90-99 peratus. Gua ini relatif belum diselidik kerana faktor-faktor ini. Tanpa perlindungan yang sempurna orang hanya boleh bertahan kira-kira sepuluh menit.

Gua Terpanjang

gua terpanjang

Mammoth Cave ini lebih panjang lagi, yakni mencapai 480 kilometer, karena masih ada yang belum dieksplorasi. Selain panjangnya, gua ini juga terbilang unik. Karena jalan masuknya yang berliku-liku seperti labirin. Tak hanya itu, gua ini juga memiliki sungai bawah tanah yang mengalir deras sejauh mata memanjang. Konon, airnya mengalir sepanjang waktu sejak awal mulanya sehingga membentuk jalur gua tersebut. Begitu juga pada bagian dalam gua yang memiliki diameter luas lebih dari 100 meter. Air yang mengalir meninggalkan rekahan atau patahan yang membentuk stalakmit unik dan indah. memungkinkan terbentuknya dekorasi gua yang dinamakan speleothems. Dekorasi ini seperti gypsum bergambar bunga dan jarum. Dinding Gua Mammoth dijubeli stalaktit dan stalakmit dengan tekstur memukau. Sejauh mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan dan ketakjuban. Satu hal unik lainnya, konon gua ini sudah ada sejak 350 juta tahun lalu. Dan manusia pertama yang menempatinya adalah orang-orang nomaden yang diperkirakan hidup sekitar 4.000 tahun lalu. Saat itu, mereka melalukan penjelajahan ke dalamnya, dan menempuh jarak sekitar delapan kilometer. Adapun mulai terungkapnya bahwa Gua Mammoth ini lebih panjang lagi terkuak pada tahun 1700 silam.

Gua Terdalam Di Indonesia

gua terdalam di indonesia

Bumi tak Hanya memiliki gunung, lembah, sungai, laut, air terjun. dan keindahan alam lainya. tetapi bumi juga memiliki Gua. Ada Banyak sekali gua yang berada di Indonesia. Gua-gua tersebut sebagian terjadi secara alami dan ada juga yang dibuat. Gua Alami yang terdalam di Indonesia bertempatan di Kebumen, Jawa Tengah. Gua tersebut bernama Gua Petruk. Gua Petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 M atau lebih tepat 2 KM.

Pulau Terpadat

pulau terpadat

Pulau Bungin memang sangat padat penduduk. Rumah penduduk tersusun sangat rapat, dengan jarak antara rumah hanya sekitar 1,5 meter. Rumah – rumah panggung khas Bungin itu pun sudah rata menutupi luas pulau. Karena rapatnya, ada beberapa rumah yang atapnya bertemu. Hukum adat atau kearifan lokal yang disebut Awiq-Awiq tentang perkawinan warga Bungin, menjadi salah satu alasan yang membuat Pulau Bungin tetap mampu menampung pertambahan jumlah penduduknya. Awiq-awiq perkawinan ini, juga yang membuat luas pulau Bungin terus bertambah.

 

Pulau Paling Terpencil

pulau paling terpencil

Dari seluruh daftar pulau terpencil di dunia yang telah dibahas pada artikel ini, Tristan de Cunha menempati posisi pertama. Sebab Tristan de Cunha merupakan pulau paling terpencil di dunia yang terletak pada jarak 2.816 km dari Afrika Selatan. Tristan de Cunha ditemukan pada tahun 1.506 oleh seorang pelaut berkebangsaan Portugis yang juga bernama Tristan da Cunha. Namun, Tristan da Cunha memilih untuk tidak menetap di sini karena aksesnya sulit dikepung oleh ganasnya Samudera Atlantik. Karena itu, kekuasaan atas pulau Tristan de Cunha pun diambil alih dan berada di bawah Persemakmuran Inggris. Sebagian penduduk yang memilih untuk hidup di pulau ini tinggal di sebuah ibukota bernama “Edinburg of The Seven Seas”.

Pulau Terbesar Di Dunia

pulau terbesar di dunia

Pulau Greenland adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk.