9 Bunga Tercantik Dan Terindah Di Dunia

Sakura

sakura

Pada saat mekar, pemandangan yang disajikan akan luar biasa. Warna yang paling indah dari bunga ini adalah putih dan pink. Bahkan pada saat jatuh dan terhampar di tanah, pemandangan yang disajikan oleh bunga ini akan sangat luar biasa.

Hydrangea

hydrangea

Indah sekali bukan? Bagaikan bola salju di musim gugur. Kelompok bunga yang berbentuk bintang dengan warna warna lembut pastel, menunjukkan kepolosan, dan sering muncul di buket pernikahan.

Lily of the valley

lily of the valley

Bunga ini muncul di musim semi di daerah empat musim. Bunga Lily of the Valley ini merupakan inspirasi dari beberapa legenda, misalnya legenda Nasrani yang mengatakan bahwa air mata Bunda Maria yang jatuh di Salib Yesus berubah menjadi bunga ini. Atau legenda yang mengatakan bahwa bunga ini muncul dari darah St. George yang berperang melawan seekor naga.

Black-eyed Susan

Black-eyed Susan

Bunga abadi yang selalu tampil ceria. Bunga yang kontras dengna kelopak kuning dan bagian tengah yang gelap membuatnya tidak mudah untuk dilewati begitu saja.

Lantana

lantana

Bunga yang lembut dengan kelopak merah muda dan kuning, adalah magnet kupu-kupu. Semak bunga ini dapat tumbuh besar dan warna kelopaknya akan berubah sesuai dengan umur tanaman.

Blue Bells

blue bells

Di musim semi, banyak sekali hutan di Eropa yang tiba-tiba seakan memiliki karpet berwarna ungu, yang tidak lain adalah bunga ini. Blue Bells dianggap melambangkan kesendirian dan penyesalan.

Begonia

begonia

Bunga ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 1777. Dan sekarang menjadi salah satu bunga yang paling terkenal di Amerika. Begonia dikenal bukan hanya karena bunganya, tapi juga karena keindahan daunnya.

Bleeding Heart

Bleeding Heart

Bunga mungil yang indah seperti berasal dari dunia peri ini adalah bunga yang selalu dipilih untuk menghiasi taman yang teduh dan segar.

Oriental poppy

oriental poppy

Bunga ini adalah bunga abadi dengan bentuk yang lembut dan warna cerah mempesona. Setelah berkembang di musim semi, kelopaknya mati, tapi begitu hujan musim gugur datang, kelopak bunga ini akan kembali muncul.

7 Fakta Unik Dunia Hewan

Nyamuk

nyamuk

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera, genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

Tikus

Tikus

Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit. serta tikus got yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi juga merupakan hewan peliharaan yang populer.

Bunglon

bunglon

Bunglon adalah sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku (familia) Agamidae. Kadal lain yang masih sesuku adalah cecak terbang dan soa-soa. Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dan lain-lain. Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya, meskipun tidak sehebat perubahan warna chamaeleon (suku Chamaeleonidae). Biasanya berubah dari warna-warna cerah (hijau, kuning, atau abu-abu terang) menjadi warna yang lebih gelap, kecoklatan atau kehitaman.

Lumba-Lumba

lumba-lumba

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui karena lumba lumba adalah mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.

Babi

babi

Babi adalah hewan terakus. Ia melahap semua makanan yang ada di hadapannya, termasuk kotoran sendiri. Jika perutnya sudah penuh atau makanannya sudah habis, ia akan memuntahkan isi perutnya dan memakannya lagi. Semua itu dilakukannya demi memuaskan kerakusannya.

Kalajengking

kalajengking

Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Mereka banyak ditemukan selatan dari 49° U, kecuali Selandia Baru dan Antarktika.

Paus Biru

paus biru

Paus biru adalah mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin. Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui. Paus yang panjang dan ramping ini memiliki bagian belakang yang berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan yang lebih terang.

7 Taman Nasional Indonesia Warisan Dunia

Taman nasional ujung kulon

taman nasional ujung kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Keanekaragaman tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Ujung Kulon mulai dikenal oleh para peneliti, pakar botani Belanda dan Inggris sejak tahun 1820. Kurang lebih 700 jenis tumbuhan terlindungi dengan baik dan 57 jenis diantaranya langka seperti; merbau, palahlar, bungur, cerlang, ki hujan dan berbagai macam jenis anggrek.

Satwa di Taman Nasional Ujung Kulon terdiri dari 35 jenis mamalia, 5 jenis primata, 59 jenis reptilia, 22 jenis amfibia, 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 142 jenis ikan dan 33 jenis terumbu karang. Satwa langka dan dilindungi selain badak Jawa adalah banteng. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.

Taman nasional Lorenz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju (5.030 meter dpl), hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura. Dalam bentangan ini, terdapat spektrum ekologis menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terdapat pula beberapa kekhasan dan keunikan adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Balliem. Sebanyak 34 tipe vegetasi diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

Taman nasional bunaken

taman nasional bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Pada bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Nain, pulau Nain Kecil, dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok. Sedangkan pada bagian Selatan meliputi sebagian pesisir Tanjung Kelapa.

Potensi daratan pulau-pulau taman nasional ini kaya dengan jenis palem, sagu, woka, silar dan kelapa. Jenis satwa yang ada di daratan dan pesisir antara lain kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Jenis tumbuhan di hutan bakau Taman Nasional Bunaken yaitu Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Hutan ini kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, dan cangak laut.

Taman nasional komodo

taman nasional komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Taman nasional kerinci seblat

taman nasional kerinci seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah sampai ekosistem sub-alpin serta beberapa ekosistem yang khas antara lain rawa gambut, rawa air tawar dan danau. Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki 4.000 jenis tumbuhan yang didominasi oleh famili Dipterocarpaceae. Tumbuhan yang langka dan endemik seperti pinus kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Harpulia alborea), bunga raflesia (Rafflesia arnoldi dan R. hasseltii), dan bunga bangkai (Amorphophallus titanum dan A. decus-silvae). Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki 37 jenis mamalia, 10 jenis reptilia, 6 jenis amfibia, 8 jenis primata dan 139 jenis burung.

Taman nasional gunung leuser                  

taman nasional gunung lauser

Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 Hektar yang secara administrasi pemerintahan terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya,Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo dan Langkat.

Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,pariwisata, dan rekreasi. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 3 (tiga) fungsi yaitu : a. perlindungan sistem penyangga kehidupan; b. pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya; c. pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Taman nasional bukit barisan selatan

taman nasional bukit barisan selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah sebuah taman nasional yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. UNESCO menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Warisan Dunia. Bukit Barisan Selatan dinyatakan sebagai Cagar Alam Suaka Margasatwa pada tahun 1935 dan menjadi Taman Nasional pada tahun 1982. Pada awalnya ukuran taman adalah seluas 356.800 hektare . Tetapi luas taman saat ini yang dihitung dengan menggunakan GIS kurang-lebih sebesar 324.000 Ha. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki beberapa hutan dataran rendah di Sumatera yang terakhir kali dilindungi. Sangat kaya dalam hal keanekaragaman hayati dan merupakan tempat tinggal bagi tiga jenis mamalia besar yang paling terancam di dunia: gajah Sumatera (kurang dari 2000 ekor yang bertahan hidup saat ini), badak Sumatera (populasi global keseluruhan: 300 individu dan semakin berkurang drastis jumlahnya) dan harimau Sumatera (populasi global keseluruhan sekitar 400 individu).

7 Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Venus fly trap (dionaea muscicapula)

venus fly trap (dionaea muscicapula)

Dionaea Muscipula, lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus, mungkin adalah tanaman karnivora paling terkenal dan ia makan terutama pada serangga dan arakhnida. Penangkap lalat Venus merupakan tanaman kecil yang memiliki 4-7 daun yang tumbuh dari batang bawah tanah pendek. Helai daun yang dibagi menjadi dua : tangkai daun berbentuk hati yang pipih dan sepasang lobus terminal berengsel di pelepah, membentuk perangkap yang sebenarnya adalah daun sejati.Permukaan bagian dalam dari lobus ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir.

Ini menunjukkan lobus tanaman gerak cepat dengan meletakkan menutup ketika rambut sensorik khusus dirangsang. Tanaman ini begitu maju sehingga dapat membedakan antara stimulus hidup dan stimulus yang tidak hidup. Lobus menutup dalam waktu sekitar 0,1/detik. mereka dibatasi oleh tonjolan seperti duri kaku atau silia, yang menutup bersama dan mencegah mangsa besar dari melarikan diri. Setelah mangsa tidak dapat melarikan diri dan permukaan bagian dalam lobus terus dirangsang, tepi lobus tumbuh atau mencengkeram bersama, menyegel perangkap dan menciptakan sebuah “perut” tertutup di mana pencernaan dan penyerapan dapat terjadi.

nepenthes (tropical pitcher plants)

nepenthes (tropical pitcher plants)

Nepenthes, tanaman pitcher tropis atau Tumbuhan cangkir monyet, yang lain genus tanaman karnivora dengan perangkap . Ada sekitar 130 spesies yang tersebar luas, dan dapat ditemukan di Cina, Malaysia, Indonesia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, India, Kalimantan dan Sumatera. julukan “cangkir monyet” julukan berasal dari fakta bahwa monyet sering minum air hujan mirip dengan tumbhan ini. Sebagian besar spesies Nepenthes adalah tanaman merambat tinggi (10-15m), dengan sistem akar dangkal. Dari batang Anda akan sering melihat pedang seperti daun berkembang, dengan sulur yang (sering digunakan untuk memanjat) menonjol dari ujung daun.

Pada akhir sulur tersebut, pitcher bentuk pertama sebagai bola kecil, yang kemudian mengembang dan bentuk cangkir. perangkap berisi cairan, yang dihasilkan oleh tanaman, yang mungkin ORS encer manis dan digunakan untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Bagian bawah dari cawan itu mengandung kelenjar yang menyerap dan mendistribusikan nutrisi. Kebanyakan tanaman ini kecil dan cenderung menjadi perangkap serangga saja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti Nepenthes Rafflesiana dan Nepenthes Rajah, telah didokumentasikan untuk menangkap mamalia kecil seperti tikus.

sundews (drosera)

sundews (drosera)

Drosera, umumnya dikenal sebagai sundews, terdiri dari salah satu genus tanaman karnivora terbesar, dengan sedikitnya 194 spesies. dapat ditemukan secara luas tersebar di setiap benua kecuali Antartika. Sundews, (tergantung pada spesies) dapat berbentuk mawar bersujud atau tegak, mulai dari 1 cm sampai 1m tinggi, dan dapat hidup sampai 50 tahun. Sundews dicirikan oleh kelenjar tentakel bergerak, diatapi dengan cairan lengket manis.  Ketika serangga tanah lengket pada tentakelnya , tanaman ini dapat menggerakkan tentakel lebih ke arah serangga untuk menjebak lebih lanjut. Setelah terperangkap, kelenjar sesil kecil akan mencerna serangga dan menyerap nutrisi yang dihasilkan, yang kemudian dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan.

portuguese sundew (drosophyllaceae lusitanicum)

portuguese sundew (drosophyllaceae lusitanicum)

Portuguese sundew (Drosophyllaceae lusitanicum) adalah tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora yang tumbuh di tempat yang kering seperti tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma yang berbeda untuk menarik mangsa seperti serangga. Serangga yang tertangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat pada daun.

butterworts  (pinguicula)

butterworts  (pinguicula)

Pinguicula, atau butterworts, adalah sekelompok tanaman karnivora yang menggunakan zat lengket, kelenjar daun untuk memikat, menjebak dan mencerna serangga. Nutrisi dari serangga melengkapi kandungan mineral dari tanah yang miskin .Ada sekitar 80 spesies yang dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Asia. Daun-daun butterwort adalah indah dan biasanya berwarna hijau derah atau merah muda . Ada dua jenis khusus dari sel-sel ditemukan di sisi atas daun butterwort. Salah satunya dikenal sebagai kelenjar penduncular, dan terdiri dari sel-sel sekretori di atas sel batang tunggal.

Sel-sel ini menghasilkan sekresi mucilaginous yang membentuk tetesan terlihat di permukaan daun, dan bertindak seperti flypaper effect. Sel-sel lainnya disebut kelenjar sesil. Mereka terhampar di permukaan daun dan menghasilkan enzim seperti amilase, esterase dan protease, yang membantu dalam proses mencerna.

tanaman kobra atau california pitcher plant (darlingtonia)

tanaman kobra atau california pitcher plant (darlingtonia)

Darlingtonia californica, juga disebut Bunga California atau Lilly Cobra, adalah anggota tunggal dari genus darlingtonia, dan asli Northern California dan Oregon.Mereka tumbuh di rawa dan merembes dengan air dingin dan, karena jarang di dataran, tumbuhan ini dianggap biasa. Daun dari Lily Cobra yang bulat dan membentuk rongga kosong, dengan bukaan yang terletak di bawah balon, bengkak seperti struktur dan dua menunjuk daun tergantung dari ujung seperti taring.

Tidak seperti tanaman pitcher besar, Lilly Cobra tidak menggunakan perangkap jebak, melainkan perangkap lobster pot. Begitu di dalam, serangga yang bingung dengan lampu besar Speckles diizinkan untuk bersinar melalui tanaman. Ketika mereka mendarat di sana, ada ribuan bulu-bulu halus lebat yang tumbuh ke dalam, mereka dapat mengikuti rambut yang lebih dalam terhadap organ pencernaan, tetapi mereka tidak bisa berbalik atau bergerak ke belakang untuk melarikan diri.

waterweel plant (aldrovanda)

waterweel plant (aldrovanda)

Aldrovanda vesiculosa, juga dikenal sebagai tanaman kincir air, adalah tanaman menarik tanpa akar, karnivora, dan juga tanaman air. biasanya memakan vertebrata kecil, menggunakan mekanisme yang disebut perangkap perangkap snap. Tanaman ini terutama terdiri dari batang mengambang bebas, mencapai 6 – 11cm panjangnya. Daun perangkap tumbuh sepanjang 2-3mm tumbuh dari 5-9, berturut-turut sepanjang batang dekat pusat tanaman. Perangkap melekat pada petioles, yang berisi udara, dan membantu dalam pengapungan.

Ini merupakan tanaman berkembang sangat cepat dan bisa mencapai 4-9mm per hari, dalam beberapa hal bahkan menghasilkan ulir baru setiap hari. Sebagai tanaman tumbuh dari satu ujung, ujung lainnya akan terus mati.Perangkap pada dasarnya terdiri dari dua lobus yang sama untuk membuat perangkap menutup. Bukaan dari perangkap keluar titik, dan tercakup dalam lapisan yang memicu rambut, yang akan menyebabkan trap untuk bertepuk menutup saat setiap mangsa yang datang terlalu dekat. kecepatan perangkap menutup adalah 10 mili/detik, membuatnya menjadi salah satu contoh gerakan tercepat tanaman dalam kerajaan hewan.

7 Tumbuhan Menakjubkan DI Dunia

African Baobab

African Baobab

Pohon baobab ini sangat mengagumkan! ukurannya dapat mencapai tinggi 25 meter dgn batang yang sangat besar. buahnya digunakan untuk membuat bahan obat dan makanan. pohon ini banyak yang sulit bertahan hidup karena kekeringan yg panjang dan penebangan liar

Dragon Tree

Dragon Tree

nama yg unik, (Jadi inget dragon ball, film yg suka ditonton adik gua dulu). pohon ini hanyaterdapat di maroko,madeira, kepulauan cape verde,dan di lima dari tujuh pulau di kepulauan canary. ciri pohon ini adalah berduri bunga berwarna putih-hijau, serta buah berwarna cokelat yg diselimuti lapisan merah yg rasanya saaaaaaaaangat manis.

Monkey Puzzle

monkey puzzle

nama pohon ini sangat unik. bahkan lebih unik dari dragon tree, pohon ini dapat mencapai tinggi 40 meter, tetapi memiliki batang yg kecil. pohon ini sebagai pohon nasional negara cile . usianya dapat mencapai ratusan tahun sehingga sering disebut fosil hidup.. biji yg dihasilkan menjadi makanan setempat .

Bois Dentelle

Bois Dentelle

Tanaman Bois dentelle merupakan tanaman yang sangat langka. Peneliti memperkirakan tanaman ini hanya tinggal dua pohon dan terdapat di daerah Mauritus. Meskipun tanaman ini tidak berharga jual, namun lingkungan yang telah rusak mematikan perkembangan tanaman ini.

St. Helena Gumwood

St. Helena Gumwood

Pokok St Helena Gumwood ini sangat unik. Pulau St. Helena memilihnya untuk menjadi pokok ini sebagai pokok kebangsaan mereka. Pohon ini tumbuh dengan batang bengkok, tetapi ianya mampu menyokong dahan-dahannya dan ranting-ranting yang membentuk satu kanopi ala se buah dengan jumlah cabang atau dahan yang tak terbatas.
Selama musim sejuk dan memasuki akhir bulan musim bunga, setiap cabang menghasilkan bunga menjuntai putih. Bersama dengan bunga-bunganya, terdapat daun-daun yang boleh mencecah 5 inci panjang. Daun-daun bukan sahaja agak besar saiznya, tetapi mereka juga berbulu/rambut dan berwarna hijau sementara sebahagian dedaun yang lain berwarna kelabu. Populasi pokok ini sebelum ini pernah membentuk hutan hujan tropika secara menyeluruh di St. Helena.

Blackwood Afrika (Mpingo)

Blackwood Afrika (Mpingo)

Di Swahili ianya dipanggil Mpingo, populasi pokok Afrika Blackwood terus berkurangan. Namanya berasal dari warna Heartwood nya yang sangat mirip warna hitam. Pokok ini dikatakan tumbuh di kawasan di mana sebahagian besar pokok-pokok atau tanaman lain tidak mampu tumbuh, kerana ia lebih menyukai tanah berbatu dan kurang subur. The Mpingo juga sangat lambat membesar, memakan masa antara 70-200 tahun untukmenjadi dewasa dan kebanyakannya hanya membesar setinggi 9 kaki.

Hinton’s Oak (Encino of hinton)

Hinton’s Oak (Encino of hinton)

Korang akan ketemu pokok ini di Mexico, terutama pada bahagian Tenggara di mana terdapat tiga spesies yang membiak di kawasan gurun. Apa yang unik dan menarik tentang pokok Oak Hinton ini ialah dedaunnya yang berwarna merah terang pada musim bunga tetapi bertukar menjadi hijau gelap sebelum ia luruh di musim luruh. Kulit pokok ini amat gelap, yang membentuk warna kontras dengan daun merah. Pokok ini mampu membesar setinggi 49 kaki dan ianya amat penting dan berguna kepada penduduk Mexico di mana kayu daripada pokok ini dijadi pelbagai jenis peralatan kegunaan harian seperti senduk, ulu pisau dan sebagainya.

Cabai Terpedas

cabai terpedas

Cabai sangat baik bagi kesehatan, jika di konsumsi sewajarnya. Kandungannya memiliki vitamin C, yang membantu melancarkan buang air besar, mengeluarkan keringat, atau sirkulasi darah.  Wilbur Scoville merupakan seorang penemu skala tingkatan kepedasan cabai, di mana saat ini dia bekerja untuk perusahaan farmasi Parke-davis. Dia pun mengembangkan test scoville organoleptic, yang digunakan sebagai ukuran tingkat kepedasan cabai.

Bengkuang Terbesar

Bengkuang terbesar

Dusun Suka Cinta, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan beberapa hari ini dihebohkan dengan penemuan buah bengkuang raksasa. Buah seberat 25 kilogram tersebut pertama ditemukan Suhatmansyah warga Dusun Suka Cinta. Suhatman menemukan bengkuang tersebut di halaman rumahnya. Saat itu dia baru hendak menanam bengkuang, namun saat sedang mengali tanah Suhatman menemukan buah bengkuang raksasa tersebut. Penemuan tersebut sontak membuat warga sekitar heboh, karena biasanya buah bengkuang hanya seberat tidak lebih dari satu kilogram. Bengkuang raksasa itu memiliki tinggi 40 centimeter dan lebar 36 centimeter serta berat 25 kilogram. Memang sebelumnya Suhatman sudah memanen bengkuang sejak enam bulan lalu.

Durian Terberat

durian terberat

Tanah di Indonesia benar-benar subur. Jika dikelola dengan baik, maka bisa menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi. Bersama kelompok petani binaannya di kebun durian Montong Desa Kalisidi Kabupaten Semarang, telah dihasilkan durian yang mungkin terberat di Indonesia. Jika rata-rata berat durian yang di Indonesia 3-5 kilogram, durian yang kemarin dipamerkan di Agrowisata Plantera Ngebruk Desa Patean Kabupaten Kendal tersebut mencapai 13,8 kilogram. Panjangnya saja sekitar 60 sentimeter.

12 Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Sungai Terpendek Di Indonesia

sungai terpendek di indonesia

Sungai Tamborasi terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai sungai mini tersebut, Anda bisa mengaksesnya lewat darat. Jaraknya yang hanya sekitar 90 meter dari kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam. Yang paling menarik, walau terbilang sangat kecil sungai ini masih sangat asri. Airnya yang berwarna jernih kehijauan dijamin akan menghipnotis mata Anda. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar yang ada di wilayah perkotaan. Anda bisa menikmati aktivitas berenang yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada disekitarnya membuat udara terasa lebih sejuk dan segar.

Sungai Terpanjang Di Dunia

sungai terpanjang di indonesia

Sungai Nil adalah sungai utama yang mengalir di bagian utara di timur laut Afrika, umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjangnya adalah sekitar 6.650 km (4.132 mil). Sungai Nil adalah “sungai internasional” karena sumber airnya dibagi oleh sebelas negara yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. Secara khusus, Sungai Nil menyediakan sumber daya air primer dan sehingga menjadi arteri hidup bagi negara-negara hilir seperti Mesir dan Sudan. Sungai Nil memiliki dua sungai besar, Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang dan naik di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber paling jauh masih belum ditentukan tetapi terletak di Rwanda atau Burundi. Sungai ini mengalir ke utara melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan.

Sungai Terbesar Di Dunia

sungai terbesar di dunia

Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia – Sungai Nil di Afrika merupakan yang terpanjang. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik). Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

Sungai utamanya (biasanya memiliki lebar satu sampai enam mil) dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, hampir 800 mil ke hulu sungai dari mulutnya. Kapal laut yang lebih kecil dengan berat 3.000 ton[1] dan 5,5 m (18 kaki) , dapat mencapai sejauh Iquitos, 3.700 km (2.300 mil) dari laut. Kapal sungai kecil dapat mencapai 780 km (486 mil) lebih jauh sampai Achual Point. Lewat dari sana, hanya perahu kecil yang dapat naik sampai Pongo de Manseriche, di atas Achual Point. Sungai ini mengambil air dari koordinat 5° LU sampai 20° LS. Sumber paling jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, jarak yang cukup dekat dengan Samudra Pasifik dan setelah menempuh jarak 7.200 km (4.800 mil) melalui pedalaman Peru dan melewati Brasil, ia masuk Samudra Atlantik di katulistiwa.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

sungai terpanjang di indonesia

sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

Sungai Terjorok

sungai terjorok

sungai Citarum, Jawa Barat yang telah mendapatkan kategori sebagai ‘sungai paling terjorok’ di dunia. Sungai Citarum, meski telah dibantu Asian Development Bank untuk dibersihkan dari segala bentuk sampah, bahan kimia dan kotoran manusia, sejak 5 Desember 2008, namun hasilnya belum seperti yang diharapkan. Aliran sungai Citarum, dimana para penduduk setempat mandi dan untuk air minum, telah dicemari oleh ribuan kubik limbah pabrik tektil dan rumah kumuh di pinggiran sungai setidaknya selama 20 tahun terakhir.

Seperti dikutip dari The Sun, tentu saja pencemaran di Sungai Citarum ini sama sekali tidak menguntungkan bagi para nelayan yang akhirnya alih profesi sebagai pemungut sampah di sepanjang aliran sungai ini. Sungai Citarum mungkin terjorok, tapi yang paling diwaspadai, sungai ini merupakan penyedia dari 80% air di ibukota Indonesia.

Danau Terdalam Di Dunia

danau terdalam di dunia

Danau Baikal menampung satu dari lima jumlah keseluruhan air tawar yang ada di Dunia. Begitu banyak volume air di Danau Baikal. Bahkan apabila semua sungai yang ada di dunia mengalirkan air di Danau Baikal berbarengan, akan memakan waktu satu tahun penuh untuk mengosongkannya. Air yang ada di Danau Baikal juga dapat menjadi cadangan air minum bagi seluruh populasi di bumi selama 50 tahun.

Jumlah volume air yang banyak di Danau Baikal merupakan hasil dari kedalamannya sebagai danau terdalam di bumi. Dasar danau tersebut memiliki kedalaman sampai 1,6 kilometer di beberapa titik. Selain itu, Danau Baikal merupakan danau tertua di dunia. Danau Baikal terletak pada daerah retakan diantara dua lempengan bumi yang saling menarik 2,5 cm setiap tahunnya. Danau Baikal disebut juga sebagai danau terjernih di Bumi. Pada musim panas, es yang terletak di Pegunungan Siberia mencair dan mengisi Danau Baikal. Terlihat kedalamannya sekitar 39,7 meter atau lebih.

Danau Terluas Di Dunia

danau terluas di dunia

Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

Danau Terluas Di Indonesia

danau terluas di indonesia

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

air terjun tertinggi di dunia

Air Terjun Angel, Venezuela salah besar jika kamu mengira bahwa Niagara adalah air terjun tertinggi di dunia. Posisi tersebut diduduki oleh Angel Falls (Salto Angel), sebuah air terjun di kawasan Taman Nasional Canaima, Venezuela. Penduduk lokal lebih suka menyebutnya sebagai Kerepakupai Vena. Tinggi air terjun ini mencapai hampir 1 kilometer, tepatnya 979 meter. Pada musim penghujan, aliran air di Angel Falls melimpah ruah. Namun pada musim kemarau, air yang terjun di Angel Falls amat sedikit hingga menguap sebelum tiba di dasar tanah.

Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

air terjun tertinggi di indonesia

Air Terjun Curup Tenang (99 meter) Air terjun Curup Tenang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak didekat desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim.

Hutan Tropis Terluas DI Indonesia

hutan tropis di indonesia

Inilah hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan di asia tenggara, yaitu hutan tropis di papua dengan luas 416.000 km2 atau sekitar 40,5 juta ha. Hutan tropis papua memiliki luas 33,74% dari total luas hutan tropis di Indonesia, yaitu seluas 120,35 juta ha. Hutan ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam dengan nilai keunikannya yang khas. Terdapat 602 jenis burung (52% jenis endemic), 223 jenis mamalia (58% jenis endemic), 223 jenis reptile (35% jenis endemic) dan 1.030 jenis tumbuhan (55%jenis endemic) yang hidup di belantara hutan tropis papua.

 

Taman Terbang Terpanjang Di Indonesia

 

Spring hill golf residences di Jakarta, memiliki taman terbang terpanjang di dunia, yakni sepanjang 3,15 km. konsep taman terbang yang tercatat di museum rekor Indonesia (muri) ini adalah konsep double decker, dimana area taman dibangun dan terpisah dari lalu lalang kendaraan di bawahnya. Konsep taman ini menjamin keamanan dan kenyaman warga untuk melakukan aktivitas tanpa takut tertabrak kendaraan.

Sayuran Terbesar Di Dunia

Ketela terbesar di dunia (24,9 Lbs atau 11,2 Kg)

Ketela terbesar di dunia (24,9 Lbs atau 11,2 Kg)

Petani Lebanon Semhat Khalil, dari selatan kota Tyre, hampir tidak percaya ketika panen di kebun ketela miliknya dan menemukan salah satu hasil panennya adalah ketela raksasa ini dengan berat 11,3kg (24,9pounds).

Buah Sumsum Terbesar Di Dunia (113 Lbs atau 65 Kg)

Buah Sumsum Terbesar Di Dunia (113 Lbs atau 65 Kg)

Buah manis ini beratnya 34,6kg, dengan ukuran mencapai panjang 57,46cm dan keliling 121,28cm pada 8 Agustus 2003. Dikembangkan oleh George dan Margaret Schattauer dari Captain Cook, Hawaii, USA.

Nangka terberat di dunia (76 Lbs atau 34,4 Kg)

Nangka terberat di dunia (76 Lbs atau 34,4 Kg)

Buah manis ini beratnya 34,6kg, dengan ukuran mencapai panjang 57,46cm dan keliling 121,28cm pada 8 Agustus 2003. Dikembangkan oleh George dan Margaret Schattauer dari Captain Cook, Hawaii, USA.