12 Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Sungai Terpendek Di Indonesia

sungai terpendek di indonesia

Sungai Tamborasi terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai sungai mini tersebut, Anda bisa mengaksesnya lewat darat. Jaraknya yang hanya sekitar 90 meter dari kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam. Yang paling menarik, walau terbilang sangat kecil sungai ini masih sangat asri. Airnya yang berwarna jernih kehijauan dijamin akan menghipnotis mata Anda. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar yang ada di wilayah perkotaan. Anda bisa menikmati aktivitas berenang yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada disekitarnya membuat udara terasa lebih sejuk dan segar.

Sungai Terpanjang Di Dunia

sungai terpanjang di indonesia

Sungai Nil adalah sungai utama yang mengalir di bagian utara di timur laut Afrika, umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjangnya adalah sekitar 6.650 km (4.132 mil). Sungai Nil adalah “sungai internasional” karena sumber airnya dibagi oleh sebelas negara yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. Secara khusus, Sungai Nil menyediakan sumber daya air primer dan sehingga menjadi arteri hidup bagi negara-negara hilir seperti Mesir dan Sudan. Sungai Nil memiliki dua sungai besar, Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang dan naik di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber paling jauh masih belum ditentukan tetapi terletak di Rwanda atau Burundi. Sungai ini mengalir ke utara melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan.

Sungai Terbesar Di Dunia

sungai terbesar di dunia

Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia – Sungai Nil di Afrika merupakan yang terpanjang. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik). Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

Sungai utamanya (biasanya memiliki lebar satu sampai enam mil) dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, hampir 800 mil ke hulu sungai dari mulutnya. Kapal laut yang lebih kecil dengan berat 3.000 ton[1] dan 5,5 m (18 kaki) , dapat mencapai sejauh Iquitos, 3.700 km (2.300 mil) dari laut. Kapal sungai kecil dapat mencapai 780 km (486 mil) lebih jauh sampai Achual Point. Lewat dari sana, hanya perahu kecil yang dapat naik sampai Pongo de Manseriche, di atas Achual Point. Sungai ini mengambil air dari koordinat 5° LU sampai 20° LS. Sumber paling jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, jarak yang cukup dekat dengan Samudra Pasifik dan setelah menempuh jarak 7.200 km (4.800 mil) melalui pedalaman Peru dan melewati Brasil, ia masuk Samudra Atlantik di katulistiwa.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

sungai terpanjang di indonesia

sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

Sungai Terjorok

sungai terjorok

sungai Citarum, Jawa Barat yang telah mendapatkan kategori sebagai ‘sungai paling terjorok’ di dunia. Sungai Citarum, meski telah dibantu Asian Development Bank untuk dibersihkan dari segala bentuk sampah, bahan kimia dan kotoran manusia, sejak 5 Desember 2008, namun hasilnya belum seperti yang diharapkan. Aliran sungai Citarum, dimana para penduduk setempat mandi dan untuk air minum, telah dicemari oleh ribuan kubik limbah pabrik tektil dan rumah kumuh di pinggiran sungai setidaknya selama 20 tahun terakhir.

Seperti dikutip dari The Sun, tentu saja pencemaran di Sungai Citarum ini sama sekali tidak menguntungkan bagi para nelayan yang akhirnya alih profesi sebagai pemungut sampah di sepanjang aliran sungai ini. Sungai Citarum mungkin terjorok, tapi yang paling diwaspadai, sungai ini merupakan penyedia dari 80% air di ibukota Indonesia.

Danau Terdalam Di Dunia

danau terdalam di dunia

Danau Baikal menampung satu dari lima jumlah keseluruhan air tawar yang ada di Dunia. Begitu banyak volume air di Danau Baikal. Bahkan apabila semua sungai yang ada di dunia mengalirkan air di Danau Baikal berbarengan, akan memakan waktu satu tahun penuh untuk mengosongkannya. Air yang ada di Danau Baikal juga dapat menjadi cadangan air minum bagi seluruh populasi di bumi selama 50 tahun.

Jumlah volume air yang banyak di Danau Baikal merupakan hasil dari kedalamannya sebagai danau terdalam di bumi. Dasar danau tersebut memiliki kedalaman sampai 1,6 kilometer di beberapa titik. Selain itu, Danau Baikal merupakan danau tertua di dunia. Danau Baikal terletak pada daerah retakan diantara dua lempengan bumi yang saling menarik 2,5 cm setiap tahunnya. Danau Baikal disebut juga sebagai danau terjernih di Bumi. Pada musim panas, es yang terletak di Pegunungan Siberia mencair dan mengisi Danau Baikal. Terlihat kedalamannya sekitar 39,7 meter atau lebih.

Danau Terluas Di Dunia

danau terluas di dunia

Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

Danau Terluas Di Indonesia

danau terluas di indonesia

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

air terjun tertinggi di dunia

Air Terjun Angel, Venezuela salah besar jika kamu mengira bahwa Niagara adalah air terjun tertinggi di dunia. Posisi tersebut diduduki oleh Angel Falls (Salto Angel), sebuah air terjun di kawasan Taman Nasional Canaima, Venezuela. Penduduk lokal lebih suka menyebutnya sebagai Kerepakupai Vena. Tinggi air terjun ini mencapai hampir 1 kilometer, tepatnya 979 meter. Pada musim penghujan, aliran air di Angel Falls melimpah ruah. Namun pada musim kemarau, air yang terjun di Angel Falls amat sedikit hingga menguap sebelum tiba di dasar tanah.

Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

air terjun tertinggi di indonesia

Air Terjun Curup Tenang (99 meter) Air terjun Curup Tenang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak didekat desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim.

Hutan Tropis Terluas DI Indonesia

hutan tropis di indonesia

Inilah hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan di asia tenggara, yaitu hutan tropis di papua dengan luas 416.000 km2 atau sekitar 40,5 juta ha. Hutan tropis papua memiliki luas 33,74% dari total luas hutan tropis di Indonesia, yaitu seluas 120,35 juta ha. Hutan ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam dengan nilai keunikannya yang khas. Terdapat 602 jenis burung (52% jenis endemic), 223 jenis mamalia (58% jenis endemic), 223 jenis reptile (35% jenis endemic) dan 1.030 jenis tumbuhan (55%jenis endemic) yang hidup di belantara hutan tropis papua.

 

Taman Terbang Terpanjang Di Indonesia

 

Spring hill golf residences di Jakarta, memiliki taman terbang terpanjang di dunia, yakni sepanjang 3,15 km. konsep taman terbang yang tercatat di museum rekor Indonesia (muri) ini adalah konsep double decker, dimana area taman dibangun dan terpisah dari lalu lalang kendaraan di bawahnya. Konsep taman ini menjamin keamanan dan kenyaman warga untuk melakukan aktivitas tanpa takut tertabrak kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *