5 Jenis Ikan

Ikan Tertua

 ikan tertua

 

Ikan Hagfish adalah ikan purba pemakan bangkai yang dipercaya memiliki hubungan dengan mahluk vertebrata tertua yang pernah ada.   Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara makan yang menjijikkan. Bila ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, ia akan mencari lubang di bangkai itu. Dari lubang itulah kemudian ikan Hagfish makan.  Saat makan pun, ikan Hagfish tak hanya melahap makanan dari mulutnya. ikan Hagfish ternyata juga makan melalui kulit dan insangnya.

Ikan Hiu terbesar dan terganas

ikan hiu terbesar dan terganas

Great White Shark (Carcharodon Carcharias), adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Dapat mencapai panjang hingga  26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Teritorialnya sangat luas, dapat di temukan di lepas pantai semua lautan. Film “Jaws” terinspirasi dari hiu jenis ini.

Ikan tercepat

ikan tercepat

Jika ada yang tanya mahluk apa tercepat di darat, jawabnya adalah Ceetah. begitu juga di laut, ada jenis ikan yang sangat mengagumkan, bahkaan ada yang mampu bergerak di dalam air dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam, yaitu ikan sailfish dengan kecepatan mencapai 110 km/jam.

Ikan teraneh

ikan teraneh
Ikan ini termasuk dalam genus anablepidae yaitu ikan yang hidup di muara sungai bagian selatan Mexico hingga bagian selatan Amerika Selatan. Ikan ini hanya dapat hidup di air tawar dan air payau. Mereka memiliki mata yang terletak di bagian atas kepala dan terbagi dalam dua bagian yang berbeda, sehingga mereka dapat melihat bagian permukaan air dan bawah air dalam waktu yang bersamaan. Ikan ini sebenarnya hanya memilki 2 buah mata, namun kedua matanya yang terletak di bagian aras kepala terbagi menjadi 2 bagian, yakni bagian atas dan bawah yang dipisahkan oleh lapisan jaringan yang tipis. setiap bagian mata memiliki pupilnya sendiri. bagian mata atas untuk melihat di udara (atas permukaan air) dan bawah untuk melihat ke dalam air. ketebalan lensa mata bagian atas dan bawah pun berbeda, semakin ke bawah semakin tipis.

Ikan dan vertebrata terkecil

ikan dan vertebrata terkecil

Mata siapa yang ingin berkedip saat menatapnya? Kulitnya warna-warni. Bergerak lincah ke sana kemari. Ikan-ikan di dalam akuarium itu menjadi pelipur lara hati yang gundah. Ikan hias, begitu disebutnya. Sesuai dengan julukannya, ikan ini terlihat unik, indah, lucu, dan menggemaskan. Tak heran, ikan hias semakin menjadi primadona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *