5 Tumbuhan yang menakjubkan

Pohon tertua

pohon tertua

Pohon Metusalah seperti seorang kakek yang terasing dari keluarganya dan tak ada seorangpun berbicara padanya. Pohon ini adalah tertua yang dikenal hidup di planet ini, tapi lokasi yang tidak terungkap. Mungkin karena sebuah pohon yang lebih tua, dijuluki Prometheus, tak sengaja ditebang pada tahun 1964 diperkirakan pohon tersebut berusia 4.843 tahun.

Pohon terbesar

pohon terbesar

Pohon terbesar didunia yang pertama adalah pohon General Sherman dengan ketinggian 83,8 meter. Pohon dengan nama ilmiah Sequoiadendron giganteum ini memiliki volume batang 1.487 m3. Pohon raksasa ini bahkan dipercaya masih bisa tumbuh lebih tinggi lagi karena masih sangat hidup. Pohon ini berada di Giant Forest of Sequoia National Park di Amerika Serikat dan diperkirakan usianya antara 2500 hingga 3200 tahun. Untuk benar-benar mengagumi besarnya pohon ini anda perlu melihatnya secara langsung.

Pohon tertinggi

pohon tertinggi

Pohon cemara nan megah ini ditemukan pada tahun 1993 di sebuah kebun di Pegunungan Andes selatan-tengah Chile. Menggunakan lingkar pohon, para ilmuwan memperkirakan pohon ini berusia 3.620 tahun. Meskipun pohon-pohon cemara Patagonian dapat mencapai ketinggian 150 kaki,namun ketebalannya hanya mencapai beberapa milimeter saja setiap tahun, dan dapat memakan waktu ribuan tahun untuk menjadi dewasa.

Pohon dengan cabang terbanyak

pohon dengan cabang terbanyak

Sebatang Pohon Kelapa unik yang terdapat di kompleks Hotel Patrajasa Bali Resort (PJBR) di Tuban, Kabupaten Badung, Bali. Meskipun sebagai flora monokotil yang ditanam sejak tahun 1972 ini semula tumbuh normal. Namun sejak 1976 tanaman ini mulai bercabang hingga mempunyai 41 cabang.

Konon, setiap orang yang menghitung (dalam satu waktu, cara, dan metode), masing-masing akan mendapatkan jumlah yang berbeda satu sama jumlah yang berbeda satu sama lain. MURI melakukan penghitungan dua kali dengan jumlah yang tidak sama. Jumlah yang dibukukan, cabang pada pohon kelapa 41, terdiri dari 28 cabang hidup dan 13 cabang mati.

Pohon jati termahal

pohon jati termahal

Pohon jati di petak 1.092 A Resor Pemangku Hutan Temengeng, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Pasar Sore, KPH Cepu, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah terjual dengan harga Rp 1 miliar. Tepatnya di Desa Temengeng, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Tinggi pohon Tectona grandis berusia antara 150-200 tahun itu setinggi 35 meter, berdiameter 3 meter, dengan keliling batang 6,9 meter. Tanaman ini dibeli pengusaha mebel dari Ngawi dan Blitar, Jawa Timur, Bobby Wibowo dan Saekoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *