7 Racun Binatang Paling Mematikan

Death Stalker Scorpion

death stalker scorpion

Kalajengking deathstalker ini dikenal sebagai spesies yang memiliki racun mematikan. Racunnya adalah campuran dari neurotoxin yang sangat sangat kuat. Manusia atau korban sengatan ekor dari kalajengking ini akan merasakan sakit yang tak tertahankan, demam tinggi diikuti koma, kejang-kejang dan lumpuh anggota tubuh. Jika tidak cepat mendapat penanganan medis, korban sengatan deathstalker ini bisa meninggal dunia. Untuk kasus korban meninggal dunia, biasanya terjadi kepada mereka yang kondisi tubuhnya lemah seperti para orang tua dan anak-anak. Sedangkan bagi mereka yang bertubuh sehat, meski menyakitkan, sengatan deathstalker tidak langsung menyebabkan kematian.

Ikan Buntal (Puffer Fish)

Ikan Buntal (Puffer Fish)

Bagian yang paling beracun dari fugu adalah hati, telur, dan saluran pencernaannya. Tetapi bila pada saat pengolahan terkontaminasi oleh bagian organ dalam yang pecah, daging menjadi sangat beracun dan mematikan. Racun yang terkadung pada bagian dalam ikan buntal ini disebut Tetrodotoksin. Dosis mematikan racun ikan buntal bagi manusia diperkirakan 2 mg . Racun ini sangat mematikan dan akan bereaksi pada korbannya hanya dalam waktu kurang dari setengah jam.

Oleh karena itu pada umumnya di restoran tertentu makanan ini akan dihidangkan oleh sang koki setengah jam setelah masak dan dicoba oleh Chef koki tersebut sebelum dihidangkan untuk menjamin keamanannya. Mengingat resiko yang tinggi jika ikan ini salah dalam pengolahannya, maka di Jepang hanya koki-koki yang memiliki sertifikat dari Departemen Kesehatan lah yang diizinkan untuk mengolah ikan buntal ini untuk dikonsumsi umum.

Ubur-Ubur Kotak (Box Jellyfish)

Ubur-Ubur Kotak (Box Jellyfish)

Ubur-ubur dapat hidup di hampir segala iklim, dan sebagian besar berbahaya bagi makhluk lainnya. Pada beberapa spesies, ada cairan beracun di dalam tentakelnya. Ubur-ubur menangkap mangsanya dengan cara menyemprotkan racun ini dan membunuh musuh-musuhnya. Sebagian jenis ubur-ubur membuat bingung musuh-musuhnya dengan memancarkan cahaya, sementara sebagian yang lain menghasilkan racun mematikan di dalam tubuhnya.

Bahkan, ada satu jenis ubur-ubur, yakni ubur-ubur kotak atau the box jellyfish yang mampu menghasilkan racun paling mematikan di dunia. Racunnya mengandung toksin yang menyerang jantung, sistem saraf, dan sel-sel kulit. Selain mematikan, sengatan dari tentakel ubur-ubur kotak juga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Manusia yg terkena bisa tenggelam karena tubuhnya mengalami shock, bahkan sebelum dia jantungnya terkena efek dari racun. Umumnya korban meninggal hanya dalam beberapa menit setelah terkena tentakel ubur-ubur ini. Korban yang selamat dari sengatan sangatlah jarang dan walaupun selamat, rasa sakit dan luka dari sengatan bisa bertahan sampai berminggu-minggu.

King Kobra (ophiophagus)

King Kobra (ophiophagus)

Satu gigitan ular ini dapat dengan mudah membunuh manusia. Racun ular King Kobra bahkan mampu membunuh seekor gajah Asia dewasa hanya dalam waktu tiga jam, jika digigit di daerah rawan seperti belalai.
King Kobra tidak begitu beracun ketimbang ular lainnya, tapi ular ini mampu menyuntikkan racun lima kali lebih banyak dari ular lainnya, sehingga dapat mematikan lima kali lebih cepat ketimbang ulang lain.

Laba-Laba Brazilian Wandering

laba-laba brazilian wandering

Laba-laba Brazilian Wandering merupakan laba-laba paling beracun diantara laba-laba lainnya. Sengatan laba-laba ini tidak hanya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, tetapi juga dapat menyebabkan Priapisme (ereksi yang tidak nyaman yang bertahan sampai berjam-jam bahkan menyebabkan impotensi) pada pria.
Laba-laba ini hidup nomaden (berpindah-pindah) dan sering bersembunyi pada siang hari di daerah berpopulasi tinggi seperti rumah, tumpukan baju, sepatu dan mobil, sehingga dapat sangat meresahkan.

c

katak poison dart frog

Katak yang berukuran 2 inchi ini mampu menyimpam racun di balik warna kulitnya yang indah dan mencolok.
Racunnya yang terkonsentrasi, dalam jumlah kecil telah mampu membunuh sejumlah besar manusia dan hewan, sekitar 2 mikrogram. Racun katak ini disebut racun katak panah, karena racun katak ini sering diambil dan digunakan pada anak panah untuk berburu dan katak ini menyengat makhluk apapun yang mendekati, menyentuh atau memakannya.

Siput Laut (Marbled Cone Snail)

siput laut (marbled cone snail)

sosok kecil siput cone memang menarik hati, dan kadang-kadang membuat orang ingin memungutnya dan menggenggamnya sebentar.” Ketika itulah siput cone akan mengeluarkan duri beracunnya, menusuk dan mengirim racunnya (durinya ini bahkan sanggup menembus sarung tangan).

Syaraf manusia akan rusak oleh sedikit racun ini, dalam beberapa detik rasa sakit yang amat sangat di tempat sengatan akan berubah menjadi mati rasa. Lalu racun ini akan menyebar dan sesaat kemudian seluruh tubuh anda akan lumpuh. Lalu napas anda yang akan berhenti, dan tidak harus menunggu lama untuk membuat jantung anda akan berhenti berdetak!

Tentu saja sudah ada penawar racun dari racun ini, tapi jujur saja, dengan racun yang dapat membunuh anda hanya dalam waktu kurang dari 4 menit, anda hanya akan selamat jika antiracun itu ada di saku baju anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *