12 Toko Muda Paling Berkuasa Pada 2014

1. Mark Zuckerberg – Kekayaan USD 33 Miliar

mark zuckerberg

Mark Zuckerberg berumur 30 tahun, yang merupakan CEO Facebook yang berasal dari Amerika Serikat. Mark Zuckerberg melakukan pertaruhan besar pada tahun 2014 ini dengan beberapa aksi akuisisi. Setelah sejumlah pertemuan rahasia, pada bulan februari lalu, secara mengejutkan Facebook membeli aplikasi pesan mobile WhatsApp senilai USD19 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pada bulan berikutnya, Facebook membeli Oculus VR, produsen headseat yang mampu menampilkan realitas maya, sebelum ada satu pun produknya yang siap jual.

Nilai saham Facebook melonjak, menambahkan kekayaan bersih yaitu sebesar USD15 miliar bagi Mark Zuckerberg sepanjang tahun lalu dan membuatnya sebagai peraup uang terbesar (USD) dalam jajaran Forbes 400. Sebanyak 1,35 miliar pengguna facebook setara dengan 19% total populasi dunia. Facebook mempunyai kiprah di 25 negara dan situsnya tersedia dalam lebih dari 70 bahasa. Pada bulan oktober yang lalu, selain mengunjungi Indonesia. Mark Zuckerberg juga mengunjungi China, yang merupakan salah satu negara yang melarang penggunaan Facebook. Di China, dia berbicara bahasa China yang cukup fasih, membuat orang-orang setempat merasa kagum.

2. Kim Jong-Un

Kim Jong-Un

Kim Jong-Un berumur 31 tahun, merupakan pemimpin tertinggi yang di Korea Utara. Pada awal tahun 2014, Kim Jong-Un menghilang dari pandangan publik selama enam minggu. Isu yang muncul adalah akibat sakit dan adanya pergulatan kekuasaan, Tetapi, pada bulan Oktober lalu, pemimpin tertinggi Korea Utara ini muncul kembali bersamaan dengan kabar pencopotan enam pejabat tinggi negara Korea Utara. Kim Jong-Un memang mempunyai kewenangan mutlak atas negara berpenduduk sekitar 25 juta jiwa tersebut. Pentagon baru-baru ini mengumunkan bahwa, mereka percaya Korea Utara mempunyai kemampuan untuk membangun hulu ledak nuklir. Kim Jong-Un berkuasa sejak Desember 2011, setelah sang ayah Kim Jong-il meninggal Dunia.

3. Larry Page dan Sergey Brin – Kekayaan 30,2 miliar dan 29,7 miliar

Sergey Brin dan Larry Page

Pasangan yang sama-sama berusia 41 tahun ini merupakan Pendiri Google yang berasal dari Amerika Serikat. Pasangan ini menjalankan perusahaan yang paling berpengaruh di era digital. Google masih mendominasi pencairan online dengan pangsa pasar sebasar 65% secara global. Saat ini lebih dari satu miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia, berarti setiap 7 orang, terdapat 1 orang yang menggunakan Android. Larry Page sebagai CEO mengawasi serangkaian akuisisi dalam satu tahun terakhir, termasuk produsen thermostat Nest sebesar USD3,2 miliar. Pada Oktober lalu, Larry Page melimpahkan sebagian besar tanggung jawab sehari-hari kepada Sundar Pichai agar dia dapat lebih fokus memikirkan strategi jangka panjang Google. Sementara, Sergey Brin menjalankan Google X, yaitu divisi khusus Googel yang berfokus pada proyek-proyek berisiko besar, seperti mobil self driving, lensa kontak cerdas, turbin angin udara dan Google Glass. Google mempunyai sekitar 40.000 karyawan yang berada di 40 negara yang ada di dunia.

4. Elon Musk – USD9,3 miliar

Elon Musk

Elon Musk berusia 43 tahun yang merupakan CEO SpaceX yang berasal dari Amerika Serikat. Elon Musk merevolusi dua industri sekaligus, menggebrak produsen kendaraan konvensional dengan produksi mobil listriknya sekaligus merilis pesawat ruang angkasa dengan SpaceX. Tesla, pabrikan kendaraan mewah yang Elon Musk dirikan, terus mengalami perkembangan dan menggelar model-model baru termasuk P85D, varian tercanggih dan terbaru yang di-launching pada bulan oktober lalu. Sebagai pendatang baru dalam dunia dirgantara, pada bulan September lalu SpaceX memenangi kontrak sebesar USD1,6 miliar dari NASA untuk memasok ulang Stasiun Antariksa Internasional dengan roket dan peluncur. Tahukah kamu apa tujua utama dari SpaceX? yaitu untuk memungkinkan orang hidup di planet lain. Elon Musk yang lahir di Afrika Selatan, berimigrasi ke Kanada pada usia 17 tahun kemudia dia pindah ke Amerika Serikat sebagai mahasiswa sebelum akhirnya mencetak keberuntungan pertamanya sebagai salah satu pendiri dari Paypal.

5. Ma Huateng – USD16,4 miliar

Ma Huateng

Ma Huateng berusia 43 tahun yang merupakan CEO Tencent yang berasal dari China. Ma Huateng juga dikenal sebagai “Pony” Ma, dia berhasil membawa perusahaan Internet China yaitu Tencent, menjadi raksasa bisnis dengan keuntungan yang dihasilkan dari game online, menawarkan mereka layanan gratis seperti pesan. Layanan SMS ponsel WeChat dari Tencent telah menarik 440 juta pengguna. Pada tahun 2013 lalu, perusahaan ini telah mengambil saham perusahaan logistik China South City dan perusahaan e-commerce JD.com sebagai terobosan dalam bisnis e-commerce. Ma Huateng benar-benar memanfaatkan maksimal ilmu komputer yang didapatkan dari Universitas Shenzhen pada tahun 1993.

6. Abu Bakr Al-Baghdadi

Abu Bakr Al-Baghdadi

Abu Bakr Al-Baghdadi berusia 43 tahun, mengklaim dirinya sebagai kalifah dari negara Islam, al-Baghdadi tampak kurang begitu berkuasa dalam jajaran tokoh-tokoh paling berpengaruh di dunia. Tetapi dalam waktu yang sangat singkat, para anggota ISIS di bawah komando dirinya telah berhasil menguasai sebagian wilayah timur Suriah dan barat Irak secara signifikan. Isis juga berhasil menadaptkan perhatian dunia dengan serangkaian aksi pemenggalan kepala sandera mereka. Sumber dana utama mereka berasal dari penjualan minyak di pasar gelap dengan total nilai jutaan dollar Amerika Serikat per hari.

7. Robin Li – USD18 miliar

Robin Li

Robin Li berusia 45 tahun merupakan CEO Baidu yang berasal dari China. Baidu adalah mesin pencari nomor 1 di negara China. Baidu mencapai rekor tertinggi perdagangan saham pada tahun ini di Nasdaq. Melalui akuisisi, Baidu menggenjot kecanggihan bisnis mobile mereka yang diarahkan mampu menjadi mesin pencarian berdasarkan pengenalan data suara dan gambar. Setelah meraih gelar sarjana di bidang manajemen informasi, Robin Li memperoleh gelar master ilmu komputer pada tahun 1994 yang kemudia bekerja sebagai konsultan di sebuah anak perusahaan Dow Jones. Kemudian, Robin Li bergabung dengan search engine InfoSeek di Silicon Valley sebagai insinyur senior. Robin Li mendirikan Baidu di China pada tahun 2000. Belakangan ini, Robin Li lebih aktif di bidang politik. Pada tahun 2013 lalu, Robin Li menjadi anggota Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China.

8. Jay Y Lee – USD4,8 miliar

Jay Y Lee

Jay Y Lee berusia 46 tahun merupakan wakil presiden direktur Samsung yang berasal dari Korea Selatan. Sebesar 23% dari USD1,4 miliar perekonomian Korea Selatan didorong oleh Grup Samsung. Maka tak heran, apabila para pekerja menganggap Samsung sebagai agama dan Lee Kun-Hee sebagai dewanya. Hal ini merupakan bisnis keluarga yang dimulai pada tahun 1938. Lee Kun-Hee merupakan pimpinan puncak Samsung Electronics dan orang terkaya di negara Korea Selatan. Pria yang berusia 72 tahun sedang dirawat di rumah sakit sejak mei setelah mengalai serangan jantung. Pada saat ini, perhatian beralih pada proses suksesi. Ahli waris sekaligus anak satu-satunya yaitu Jay Y Lee merupakan wakil presiden direktur unit elektronik khusus Samsung, yang merupakan penjual produk smartphone terbesar di dunia.

9. Doug McMillon

Doug McMillon

Doug McMillon berusia 48 tahun merupakan CEO Wal-Mart yang berasal dari Amerika Serikat. Doug McMillon mengambil kendali raksasa ritel pada bulan februari 2014 setelah karier panjangnya di Wal-Mart yang dimulai sebagai tukang bongkar muat truk saat masih remaja. Doug McMillon tercatat sebagai CEO termuda di Wal-Mart sejak perusahaan tersebut didirikan Sam Walton. Doug McMillon sekarang memimpin perusahaan swasta dengan jumlah tenaga kerja terbesar di dunia, yaitu 2,2 juta karyawan yang sekaligus perusahaan yang paling dominan dalam penjualan dengan pendapatan tahunan USD476 miliar. Di balik perusahaan besar ini, Doug McMillon harus berhadapan dengan turunnya angka penjualan dan isu rendahnya upah pekerja.

10. David Cameron

david cameron

David Cameron berusia 48 tahun merupakan Perdana Menteri Inggris. Perdana Menteri Inggris ini hampir saja kehilangan Skotlandia dan otomatis akan kehilangan sebagian daerah kekuasaannya, dalam referendum pada bulan sepetembel lalu. Keberuntungan untuk perdana menteri Inggris ini, Skotlandia memmilih tetap menjaga keutuhannya bersama Inggris yang telah berusia 307 tahun. Pria yang sehari-hari dikenal mempunyai watak yang lembut ternyata bisa berapi-api saat mendesak parlemen untuk menyetujui serangan udara terhadap ISIS, member dukungan terbuka terhadap para demonstran pro-demokrasi di Hong Kong, dan menolak membayar tagihan tambahan USD2 miliar kepada Uni Eropa yang jatuh tempo pada bulan Desember mendatang. Pemimpin dari Partai Konservatif ini mempunyai ratusan ribu follower di akun jejaring sosial Twitter serta populer dengan aksi selfie bersama Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt saat upacara pemakaman Nelson Mandela pada bulan Desember tahun lalu.

11. Satya Nadella

Satya Nadella

Satya Nadella berusia 47 tahun merupakan CEO Microsoft yang berasal dari Amerika Serikat. Satya Nadella adalah CEO baru perusahaan Microsoft per februari lalu yang ditugaskan untuk mengembalikan revelensi bisnis. Satya Nadella akan mendapat batuan, Bill Gates telah berjanji akan kembali turun tangan secara paruh waktu ke perusahaan terknologi senilai USD43,8 miliar yang didirikannya hampir 40 tahun lalu sebagai pendiri dan penasihat teknologi. Persolan tersebut adalah bagaimana mengelola perubahan radikal dari PC dan perangkat lunak ke mobile dan cloud sekaligus pulih dari aksi PHK besar-besaran sebanyak 18.000 karyawan pada tahun 2014.

12. Enrique Pena Nieto

Enrique Pena Nieto

Enrique Pena Nieto berusia 48 tahun merupakan Presiden Meksiko. Sebagai seorang presiden, Enrique Pena Nieto berusaha untuk menekan aksi kekerasan geng di negara yang ia pimpin, terutama setelah 43 siswa yang menghilang pada bulan september lalu. Kemungkinan keterlibatan seorang wali kota dan penemuan kuburan massal di daerah tersebut telah memicu kemarahan publik, yang mendorong kampanye online menyerukan pengunduran diri sebagai presiden. Enirique Pena Nieto pada tahun kedua berkuasa, berkotminmen bahwa dirinya akan berupaya dengan keras mengakhiri drug wars dan merevitalisasi perekonomian. Di saat banyak pihak pesimistis atas kemampuannya memecahkan masalah tersebut, Enrique Pena Nieto menghabiskan tahun pertamanya memerintah Meksiko dengan memperbaiki sistem pendidikan umum dan menggenjot industri telekomunikasi agar lebih kompetitif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *