Top 10 Kekuatan Ekonomi Global

Swiss

 

1. Swiss

Swiss memimpin peringkat 10 bgesar secara 6 tahun berturut-turut. Kinerja negara Swiss stabil sejak tahun lalu dan sangat konsisten di seluruh bidang. Negara Swiss menduduki peringkat teratas di 8 dari 12 pilar. Tingginya kualitas institusi pendidikan, alokasi dana yang besar untuk riset dan penhyembangan, serta kerjasama yang sangat baik antar dunia akademis dan dunia bi9snis membuat negara Swiss menjadi negara inovator utama.

singapura

2. Singapura

Negara Singapura menempati urutan kedua secara keseluruhan untuk tahun keempat secara berturut-turut, karena kinerja yang luar biasa dan stabil di semua pilar indeks daya saing global. Sekali lagi tahun ini, negara Singapura menjadi satu-satunya kekuatan ekonomi yang masuk tiga besar di 7 pilar dan masuk dalam Top 10 di dua pilar lainnya.

patung liberty

3. Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat kembali naik peringkat untuk tahun kedua berturut-turut dan berhasil menempati lagi posisi ketiga setelah melakukan perbaikan di sejumlah bidang termasuk dalam beebrpa aspek menyangkut kelembagaan dan persepsi yang lebih positif menyangkut faktor-faktor pendukung kemajuan bisnis dan inovasi. Berbagai perubahan negara Amerika Serikat didukung penuh oleh sisitem perguruan tinggi yang sangat baik dan kerjasama terutama terkait riset dan pengembangan.

bendera finlandia

4. Finlandia

Negara Finlandia terus menunjukkan kinerja yang kuat di semua pilar yang dianalisis, meskipun turun satu tingkat ke posisi keempat. Hal ini terutama didorong menurunnya kondisi makroekonomi yang mebuat sejumlah lembaga rating menurunkan outlook perekonomian Finlandia. Namun, di luar itu, semua pilar negara ini berfungsi sangat baik. Semua lembaga publik sangat transparan dan kualitas infrastrukturnya punsangat tinggi.

gambar-bendera-jerman

5. Jerman

Negara Jerman turun satu peringkat ke posisi lima tahun ini akibat adanya kekhawatiran terkait sejumlah lembaga dan infrastruktur. Persoalan ini mampu diimbangi dengan perbaikan dalam lingkungan makroekonomi dan perkembangan pasar keuangan. Secara, keseluruhan Jerman melewati krisi ekonomi global cukup baik. Daya saing negara ini memang cukup kuat dengan faktor-faktor pendukung kemajuan bisnis serta inovasi riset dan pengengembangan tingkat tinggi.

jepang

6. Jepang

Jepang menorehkan kemajuan tertinggi di antara 10 negara teratas, naik tiga tempat berkat perbaikan kecil di seluruh pilar. Negara Jepang terus meningkatkan keunggulan daya saing utamanya dalam faktor-faktor pendukung kemajuan bisnis dan inovasi. Kekuatan lain negara Jepang yang patut sangat diperhitungkan adalah alokasi besar0besaran di bidang riset dan pengembangan tenaga kerja berkualitas tinggi. Memiliki lembaga penelitian kelas dunia dan kuatnya daya inovasi.

hongkong

7. Hong Kong

Negara Hong Kong masuk ke Top 10 sejak tahun 2012, mempertahankan posisi ketujuh tetapi menduduki posisi puncak pada pilar infrastruktur yang mencerminkan kualitas luar biasa dari fasilitas di semua moda transportasi. Salah satu kekuatan ekonomi ini juga terus mendominasi pilar pengembangan pasar keuangan keran tingkat efisiensi yang tinggi, kepercayaan, dan stabilitas sistemnya. Meski begitu, negara Hong Kong perlu terus menyempurnakan pendidikan tinggi dan iklim inovasinya.

belanda

8. Belanda

Negara Belanda mempertahankan posisinya karena profil daya saing yang stabil. Secara keseluruhan, negara terus menunjukkan seperangkat kekuatan daya saing penting yang memungkinkan perekonomian tetap produktif. Sistem pendidikan dan pelatihan yang sangat baik, didukung kuatnya adopsi teknologi dan kemapuan inovasi dalam iklim usaha yang begitu sehat membuat Belanda sangat diperhitungkan di mata internasional.

Inggris

9. Inggris

Negara Inggris naik satu peringkat dari tahun lalu. Secara kesuluhan, kinerja negara ini meningkat berkat keuntungan yang diperoleh dari defisit fiskal dan utang publik. Selain kondisi makroekonomi yang menguntungkan ini, Inggris terus mendapatkan keuntungan dari pasar tenaga kerja yang efisien dan pesatnya pembangunan di sektor keuangan.

swedia

10. Swedia

Swedia meskipun profil daya saingnya relatif stabil di semua pilar, posisinya turun empat peringkat tahun ini. Secara kesuluhan negara ini mempunyai kekuatan yang bagus di seluruh pilar, dengan institusi yang kuat, infrastruktur yang sangat baik, dan kondisi makroekonomi yang sehat. Yang layak diapresiasi, negara Swedia telah berhasil menciptakan iklim inovasi dan nilai yang sangat tinggi di banyak pilar yang merupakan kunci menciptakan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *