Tidak Sakral Lagi, Mekkah Kini Lebih Mirip Las Vegas

2016-05-20_135136

Irfan al Alawi, Direktur Eksekutif the Islamic Heritage Research Foundation, menyebut Mekkah saat ini lebih mirip dengan Manhattan dan Las Vegas.

“Memang benar Mekkah sudah tidak sakral lagi buat beribadah karena sudah terlalu modern. Mekkah kini telah menjadi seperti Manhattan dan Las Vegas,” katanya.

Rasanya tak heran mendengar pernyataan Irfan Al Alawi tersebut. Pemerintah Saudi memang sedang gencar membangun pelebaran tempat ibadah di Kota Mekkah dan Madinah. Dana yang digelontorkan pun tak tanggung-tanggung. Untuk proyek King Abdullah Expansion (pembangunan Masjidil Haram) Saudi menggelontorkan dana USD 21 miliar.

Pengembangan kompleks Masjidil Haram dilakukan pertama kali 19 Agustus 2011 silam. Pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Pembangunan itu mengakibatkan situs-situs bersejarah Islam banyak yang tergusur. Sekitar 4.500 situs bersejarah hilang sejak setengah abad lalu. Padahal situs-situs itu sudah ada ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup bersama para sahabatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *